Video Profil Ponpes. Fathul Hidayah

Islam sebagai agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Indonesia terbukti telah memberikan subangsih nyata dalam kemajuan hidup berbangsa kita.Besarnya kontribusi pendidikan Islam di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kontribusi besar pondok pesantren dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan lainnya. Bahkan belakangan ini, seiring dengan pesatnya arus pendidikan modern, pendidikan Islam telah giat berbenah diri. Bila sejauh ini –pondok pesantren khususnya dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan umumnya– seringkali dilekatkan sebagai lembaga pendidikan ala kaum tradisional, kini ia merambah masuk ke berbagai bidang “di luar” ilmu pengetahuan keagamaan-keislaman, yaitu ilmu-ilmu yang lazim dipahami oleh sebagian besar masyarakat sebagai “ilmu umum”.

Namun tentu saja kita tidak boleh berbangga dan terlena dengan kenyataan tersebut. Pasalnya perkembangan keadaban publik tak selamanya berbanding lurus dengan perkembangan lembaga pendidikan agama dan keagamaan yang begitu pesat. Banyak kalangan menilai saat ini bangsa Indonesia tengah tertimpa malapetaka peradaban yang belum dapat ditemukan rumusan solutifnya. Nilai-nilai luhur tradisi, etika agama, serta tertib sosial seperti tak berfungsi sama-sekali. Masalah kian bergejolak tatkala hampir tak ditemukan lagi suri teladan yang baik di dalam institusi lembaga Keagamaan

Berdasar hal tersebut di atas, maka Pondok Pesantren Fathul Hidayah berupaya memberikan jawaban dengan mengadakan pedidikan yang tetap menjaga tradisi keagaam khas pesantren serta dilengkapi dengan berbagai pengetahuan umum dan keterampilan demi untuk membekali santri dengan kecakapan sebelum terjun di tengah-tengah masyarakat. Sehingga motto yang dipatrikan di setiap kalbu civitas akademika pesantren adalah BERPRIBADI SALAFI BERWAWASAN MODERAT.

Leave a Comment