MENGAPA MEMILIH FATHUL HIDAYAH?

Sebuah alasan logis dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan

Perkembangan zaman yang semakin pesat menyebabkab problematika kehidupan manusia semakin kompleks. Kompleksitas problematika kehidupan manusia ujung-ujungnya berimbas pada tantangan kehidupan yang semakin bermacam-macam. Pada akhirnya manusia menyadari bahwa untuk mampu bertahan dan selamat dalam mengarungi samudera kehidupan modern adalah seorang manusia yang dibekali dengan keseimbangan antara Imtaq dan Iptek dua buah istilah yang begitu populer dan dicari saat seseorang terperangkap dalam dampak negatif kehidupan modern. Dua istilah ini pada akhirya juga banyak diangkat dalam visi dan misi lembaga dengan berbagai perubahan istilah dan variannya.

Pondok pesantren Fathul Hidayah yang sesuai dengan amanat dari para founding fathersnya digariskan untuk mendidik santri dengan dua corak ilmu pengetahuan selalu berusaha menghadirkan dan mengup date hal tersebut. Dalam mengawal citi-cita mulai tersebut dibingkai dengan motto pesantren yang selalu tertanam di sanubari segenap civitas akademika pesantren “BERPRIBADI SALAFI BERWAWASAN MODERAT.

Pada tataran penerapan semboyan tersebut diwujudkan dengan berbagai progran dan kegiatan yang ada di unit-unt lembaga pendidikan di pesantren tersebut. Dalam rangka mencetak generasi yang bermerk salaf maka pesantren Fathul Hidayah utamanya dalam tataran dasar begitu getol dalam membekali santri dengan ilmu agama khas kepesntrenan seperti hifdl Imrity, baca kitab kuning dan lainnya. Langkah nyata pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut :

  1. Pendalaman Imrity merupakan salah satu program kelas unggulan di MTs Fathul Hidayah. Program ini dilaksanakan bagi siswa di kelas tujuh dan kelas delapan. Keberhasilan program ini terbukti nyata mampu mencetak santri yang mampu menghafal Imrity di luar kepala serta mempunyai pendalaman yang mantap tentang kitab Nahwu tersebut. Untuk mengangkat program ini secara formal maka setiap tahun MTs Fathul Hidayah selalu melakukan wisuda setiap tahunnya. Bahkan dalam salah satu kesempatan seorang kiyai yang diundang untuk memberi wejangan pada acara tersebut tidak menyangka kalau di Fathul Hidayah ada progran penghafal Imrity yang begitu sukses dan mantap. Selain adanya progran wisuda sebagai penghormatan dan tabarukan juga diadakan safari keliling khatmil Imrity yang dilakukan ke rumah-rumah untuk siwa dan siswa yang sudah hafal.

 

  1. Selain intensif dalam penghafalan Imrity MTs Fathul Hidayah juga selalu bekerja sama dengan lembaga kursus bahasa BEC (Basic English Course) di Pare Kediri guna peningkatan kemampuan berbahasa santri. Kerja sama ini juga dipertajam dengan kehadiran para native speaker dalam setiap kegiatan tersebut.

Pada tingkatan yang lebih tinggi kemampuan santri dalam menguasai ilmu agama juga dilanjutkan dengan mengahafal kitab Alfiyah Ibnu Malik. Mengingat beban belajar dari Afiyah adalah lebih berat maka kebijakan ynag diambil oleh pesantren menghafal Alfiyah tersebut dikoordinir oleh Madrash Diniyah Ulya Fathul Hidayah. Dengan dikoordinir oleh Madrasah Diniyah maka keleluasaan waktu untuk menghafal tidak hanya terbatas saat pembelajaran di dalam ruang kelas saja tetapi juga dilakukan di luar waktu belajar.

Dangan adanya program pendalaman kitab Imrity dan Alfiyah tersebut maka bisa dipastikan kemampuan keagamaan dan penguasaan ilmu alat santri fathul Hidayah tidak ketinggalan dengan lembaga pesantren lain yang berciri salaf.

Selanjutnya untuk mengusung misi berwawasan moderat maka Madasah Aliyah Fathul Hidayah tanpa meninggal ciri khasnya sebagai lembaga yang bernuansa kegamaan mengambil peran dengan membuat progran yang bertujuan untuk membekali para santri dengan keilmuan umum atau modern. Sebagai langkah nyata maka dibaut program sebagai berikut :

  1. Mendirikan program kelas unggulan dalam bidang MIPA.

Dalam rangka mngemban misi yayasan untuk melanjutkan kelas unggulan di MTs, maka Madrasah Aliyah Fathul Hidayah mulai tahun pelajaran 2013/2014 membukan program kelas uunggulan MIPA. Pelaksaan program uggulan ini dilakukan dengan memberikan kesempatan belajar lebih dalam bidang MIPA baik dalam strutur kurikulum maupun kegiatan ekstra kurikulernya. Dengan manajemen yang profesional dan didukung dngan guru yang fresh dan loyalitas tinggi terbukti program ini berjalan dengan baik.

 

  1. Pembelajarn berciri Teknologi Informasi

Pembukaan kelas unggulan juga didukung dengan proses pembelajaran yang super canggih. Kecanggihan proses pembelajaran ini karena konsep yang diusung adalah one student one laptop. Konsep ini dilaksanakan dengan mengadakan pembelajaran yang bersifat paperless sehingga dalam pembelajaran bahkan dalam ulangan dan ujian selalu dilakukan dengan sistem teknologi

Pada awalnya pengadaan laptop adalah menjadi kendala utama dalam pelaksanaan  program ini karena wali santri dihantui dengan beban pengadan laptop unuk wali santri mereka. Namun dengan kerja sama yang baik antar lembaga dengan para orang tua maka pengadaan laptop bisa dilakukan dengan dua cara yakni ; membeli kontan dan kredit. Dengan dua cara ini maka para wali dan calon wali kelas unggulan tidak perlu risau dengan adanya program pembelian lptop di kelas unggulan MA Fathul Hidayah

  1. Menuju Madrasah Bilingual

Pondok pesantren fathul Hidayah adalah pesantern yang digariskan untuk membekali santri dengan keterampian berbahasa Arab dan Inggris. Karenanya baik pesantren maupun unit pendidikan selalu memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada wali santri dalam bidang penguasaan dua bahasa asing tersebut. Hasil nyata dari program ini adalah para siwa dan siswi MA fathul Hidayah selalu mampu menjuarai dan bersaing dalam kompetisi kebahasaan utamanya bahasa Inggris dengan sekolah unggulan baik untuk level kabupaten, propinsi maupun nasioanal.

 

Demikianlah beberapa alasan logis mengapa memutuskan Fathul Hidayah sebagai tampat pendidikan generasi penerus bangsa adalah keputusan yang tepat. Karena dengan pemutaakhiran progran dan pemenuhan fasilitas santri insya Allah lembaga ini akan selalu berkontribusi demi kemajun pendidikan agama dan nasional di negeri tercinta ini. Amin.

 

By : KhoiRyanSyah

Leave a Comment