MA FATHUL HIDAYAH GOES TO BANDUNG (PARIS VAN JAVA) 2018

PRAKTIK STUDI LAPANGAN DAN SUBSTANSINYA BAGI LEMBAGA

A. Landasan Pemikiran
MA Fathul Hidayah sebagai salah satu lembaga pendidikan lanjutan mengemban tugas untuk menyiapkan peserta didiknya baik secara psikis dan akademis untuk masuk ke lembaga lanjutan yang leih tinggi yakni perguruan tinggi. Keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi perlu dukungan secara finansial dan juga bagi sebagian kalangan utamanya anak putri juga restu dan kerelaan dari sang orang tua. Dua hal di atas utamanya dukungan finansial kadang tidak bisa terpenuhi sehingga meskipun secara prosentase masih sangat minimal para lulusan dari bangku MA/SMA juga sedikit banyak memerlukan pengalaman tentang peluang dan serba-serbi dunia kerja. Pondasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, keinginan untuk menjadikan bekerja sebagai pilihan setelah lulusan dari madrasah harus dilandasi dengan pemahaman serta doktrin pemahaman ajaran dan nilai keagamaan yang mantap. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik tidak mudah terombang ambing dengan keadaan dan perubahan zaman.
Pada taran yang lebih praktis para siswa adalah membutuhkan pengalaman yang lebih empiris untuk mengaplikasinan teori serta materi pembelajaran peminatan yang telah mereka dapatkan. Teori-teori tentang ekonomi akuntansi, rumus-rumus kimia dan Fisikan adalah hal yang masih belum bisa tercerna dengan baik bila tidak ada kesmpatan praktik di dunia nyata. Materi pembelajaran yang juga perlu banyak parktik adalah pembelajaran tengan TIK. Keterbatasan waktu praktik bila tidak ditambah dengan tugas pelaporan bisa membuat peserta didik gaptek dan ketinggalan dalam penguasaan duania teknologiinformasi. Dengan beberapa tujuan di atas maka kegiatan Praktik Studi Lapangan (PSL) 2018 kali ini mengambil tema “ DENGAN SEMANGAT RELIJIUSITAS, INTELEKTUALITAS DAN ENTERPRENEURSHIP MARI MEWUJUDKAN LULUSAN YANG BERKUALITAS YANG BERFIKIR LOGIS MENULIS SECARA EMPIRIS”
B. TAHAP PELAKSANAAN
1. Perencanaan
Dalam program kerja madrasah disebutkan bahwa kegiatan PSL adalah diikiti loeh siswaa/i kelas Xi yang pada tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 87 siswa/i terbagi menjadi dua kelas jurusan MIPA dan satu kelas jurusan IPS. Perencanaan kegiatan ini dimulai dengan pembentukan kepanitiaan, penentuan waktu, penentuan biaya siswa, sosialisasi dangan stake holder terkait dan kerja sama dengan pihak perusahaan otobis atau travel. Pada rapat pembentukan kepanitiaan terbentuk kepanitiaan yang dikomandani oleh PKM Kesiswaan MA FH. Salah satu perubahan utama pada kegiatan di tahun ini adalah pelaksanaan yang dulakukan lebih awal yakni saat liburan semester gasal. Pemilihan waktu ini didasarkan bahwa kegiatan ini menyita waktu beberapa hari serta padatnya kegiatan para pembina dan madrasah di semester genap. Terkait dengan pembiayaan yang lumayan besar maka pembayaran kegiatan ini bisa diangsur mulai September sampai bulan Desember 2017.
2. Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan ini adalah selama TANGGAL 18-21 Desember 2017 dengan rIncian kegiatan sebagai berikut :
a. Penanaman jiwa relijiusitas (kunjungan ziarah)
Nilai keagamaan adalah hal yang harus mendasari jiwa dan semangat setiap kegiatan. Karenanya kegiatan ini diawali dengan kunjungan ziarah ke dua makam Wali Songo. Dua makam wali songo tersebut adalah makam Sunan Kali Jogo sama sunan Gunung Jati. Kunjungan ke makam dua wali ini karena dua wilayah tersebut adalah daerah yang menjadi sasaran serta tempat pelaksananan kegiatan ini yakni Jawa Tengah dan Jawa barat. Khusus untuk makam Sunan Gung Jati adalah merupakan makam yang sudah lama tidak diziarahi oleh siswa/i Fathul Hidayah. Sehingga berziarah ke makam Sunan Gunung Djati sekaligus sebagai ajang silaturrahim, meyambung alaqah batiniyyah serta takdzim kepada seluruh anggota Wali Songo.
b. Penanaman jiwa intelektualitas (kunjungan kampus)
Madrasah Aliyah Fathul Hidayah adalah madrasah yang berbasis pesantren. Salah satu keunggulan madrasah yang menerapkan format pembelajaran jenis ini adalah adanya kombinasi keilmuan baik ilmu agama maupun ilmu umum. Karenanya kegiatan pengembangan intelektualitas yang berupa kunjungan kampus mengambil dua lokasi yakni UIN Sunan Gunung Djati dan Universitas Padjadjaran yang berlokasi di kota Kembang Bandung.
Kunjungan di UIN Sunan Gunung Djati difokuskan untuk membekali para peserta dengan program studi keagamaan. Pagi sekitar pukul 09. 00 wib keluarga besar MA fathul Hidayah mendapatkan penghormatan disambut dengan kesan mendalam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dibuka oleh MC berpenampilan necis aula pertemuan digemurukan dengan lantunan merdu ayat suci Alquran dan kumandang lagu Indonesia Raya yang menggugah semangat kebangsaan. Dalam sambutannya Pembantu Rektor 1 menjelaskan sejarah, lokasi jurusan dan dinamika pembelajaran di kampus tersebut.
Tahap selanjutnya kunjungan di Universitas Padjadaran adalah untuk memberikan pemahaman kepda siswa terkait dengan program studi keilmuan umum. Setellah beberapa saat mengelilingi lokasi kampus yang hijau permai bernuansa perbukitan, maka para peserta disambut dalm sebuah aula yang modern. Dalam keterangannya Humasy UNPAD menjelaskan salah satu progran unggulannya adalah adanya jurusan perikan dan kelautan di Pengandaran serta adanya pendidikan kedokteran gratis yang berlaku dengan syarat dan ketentuan tertentu. Secara umum dalam dua kunjungan tersebut pihak struktural dari masing-masing kampus juga menjelaskan tentang tata cara mendaftar di kampus dengan berbagai jurusan baik di naungan Kemendikanas maupun Kemenag atau yang bersifat mandiri. Salah satu hal yang banyak menjadi daya tarik pada sesi tanggung jawab adalah ketersediaan bea siswa di masing –masing kampus.
c. Penanaman jiwa kerja dan wira usaha (kunungan usaha dan niaga)
Kunjungan ini dilakukan di sentra kerajinan kulit di kota Bandung yakni Cibaduyut. Di tempat ini selain siswa mempelajari seluk beluk proses produksi, siswa juga ditunjukkan alur pemasaran serta suka duka penjualan produksi garmen, konveksi dan sepatu di wilayah tersebut.
Terakhir kunjungan diakhiri dengan mengunjungi ikon wisata di Jawa Barat yakni Gunung Tangkuban Perahu. Di tempat wisata ini para peserta menikmati sejuta keindahan kawah Tangkuban Perahu. Dari ketinggian juga dapat terlihat indahnya nuansa perkotaan di provinsi Jawa Barat yang kebanyakan dikelilingi pegunungan dan perbukitan.
Pengalaman perniagaan yang lain yang didapat adalah dengan mengunjungi Mall Intercity yang di dalamnya terdapat hotel POP Harris sekaligus bermalam selama satu malam di sana.
Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap panitia dan pendamping serta para peserta yang telah mengikuti kegiatan dengan baik. Tak lupa salam hormat dan terima kasih kami haturkan kepada dua kampus di Bandung yakni UIN Sunan Gunung Djati dan Universitas Padjadjaran atas sambutan dan kesan mendalam yang diberikan. Selanjunya kepada Leana tour Bojonegoro kami juga menyampaikan terima kasih atas layanan dan kawalannya selama tur kami di bumi Pasundan. Semoga kegiatan PSL pada tahun yang akan datang semakin berkesan dan bermanfat. Amien.
By : Ka MA FH

Leave a Comment