HAFLAH AKHIRISSANAH 2016

Istilah “Haflah akhirussanah” tentunya tak asing lagi bagi umat Islam Indonesia, lebih-lebih kalangan pesantren. Istilah yang diadopsi dari bahasa Arab ini, nampaknya tidak hanya populer dimasyarakat, namun sudah sampai mengakar rumput seperti halnya bahasa sendiri. Lepas dari kepopulerannya, sebenarnya apa makna  dari Haflah akhirussanah itu sendiri?.

Makna Haflah akhirussanah

Secara etimologi Haflah Akhirussanah merupakan gabungan dari tiga kata. Pertama,haflah, yang berarti pertemuan, perkumpulan, perayaan, pesta, upacara (A. W. Munawwir, 1997: 280); kedua, akhir, yang berarti akhir (A. W. Munawwir, 1997: 12);ketiga, sanah, yang berarti tahun (A. W. Munawwir, 1997: 670). Jadi Haflah Akhirussanah adalah perayaan atau pesta – dengan mengacu pada arti perayaan atau pesta – akhir tahun.

Secara terminologi Haflah Akhirussanah adalah – melihat pada sejarah dan perkembangan munculnya istilah ini – perayaan atau pesta yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran – yang dimaksud tahun di sini bukan tahun secara umum, dalam arti tahun masehi atau hijriyah – oleh institusi pendidikan Islam baik formal maupun non formal.

Penggunaan arti perayaan atau pesta di sini, didasarkan pada kebiasaan yang dilakukan oleh institusi pendidikan Islam yang tidak hanya sekedar perkumpulan, melakukan pertemuan atau upacara. Namun juga melaksanakan kegiatan yang bersifat hiburan. Keberadaan kegiatan yang bersifat hiburan ini dimungkinkan, karena kegiatan Haflah Akhirussanah dilaksanakan setelah imtihan (ujian). Jadi hiburan tersebut ditujukan untuk membuat suasana yang santai setelah melaksanakan imtihan.

Pada kesempatan ini kami (admin) akan menyuguhkan dokumentasi kegiatan Haflah Akhirissanah di PP. Fathul Hidayah pangean Maduran Lamongan, yang telah dilaksanakan pada 02 Juni 2016. dengan meluluskan 76 santri kelas 6 setelah mengikuti berbagai rangkaian imtihan.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh wali santri, masyarakat warga desa pangean dan sekitar, dan tentunya seluruh santri PP. Fathul Hidayah Pangean. dan yang memberikan Sambutan/ Ceramah adalah Romo KH. Masyhadi & KH, Moh. Najib Muhyiddin dari Jombang.

pada rangkaian acara selain Pengajian Umum, yang isi dari pada acara ini adalah Hiburan/ kreasi santri ( Sholawat Hadroh & Paduan Suara Santri) dan juga Wisuda Santri

Leave a Comment