PPFH

Islam sebagai agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Indonesia terbukti telah memberikan subangsih nyata dalam kemajuan hidup berbangsa kita.Besarnya kontribusi pendidikan Islam di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kontribusi besar pondok pesantren dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan lainnya. Bahkan belakangan ini, seiring dengan pesatnya arus pendidikan modern, pendidikan Islam telah giat berbenah diri. Bila sejauh ini –pondok pesantren khususnya dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan umumnya– seringkali dilekatkan sebagai lembaga pendidikan ala kaum tradisional, kini ia merambah masuk ke berbagai bidang “di luar” ilmu pengetahuan keagamaan-keislaman, yaitu ilmu-ilmu yang lazim dipahami oleh sebagian besar masyarakat sebagai “ilmu umum”.

 

Namun tentu saja kita tidak boleh berbangga dan terlena dengan kenyataan tersebut. Pasalnya perkembangan keadaban publik tak selamanya berbanding lurus dengan perkembangan lembaga pendidikan agama dan keagamaan yang begitu pesat. Banyak kalangan menilai saat ini bangsa Indonesia tengah tertimpa malapetaka peradaban yang belum dapat ditemukan rumusan solutifnya. Nilai-nilai luhur tradisi, etika agama, serta tertib sosial seperti tak berfungsi sama-sekali. Masalah kian bergejolak tatkala hampir tak ditemukan lagi suri teladan yang baik di dalam institusi lembaga Keagamaan

Berdasar hal tersebut di atas, maka Pondok Pesantren Fathul Hidayah berupaya memberikan jawaban dengan mengadakan pedidikan yang tetap menjaga tradisi keagaam khas pesantren serta dilengkapi dengan berbagai pengetahuan umum dan keterampilan demi untuk membekali santri dengan kecakapan sebelum terjun di tengah-tengah masyarakat. Sehingga motto yang dipatrikan di setiap kalbu civitas akademika pesantren adalah BERPRIBADI SALAFI BERWAWASAN MODERAT.

1. PROFIL PONDOK PESANTREN FATHUL HIDAYAH

Misi Pesantren

  • Unggul Dalam Merespon terhadap kepedulian sosial
  • Unggul Dalam Memperoleh Kepercayaan Dan Kepuasaan Masyarakat (Stakeholderst)
  • Unggul Dalam Pemberian Pelayanaan Pendidikan Yang Bermutu
  • Unggul Dalam Penguasaan Kecakapan Hidup (Life Skill)
  • Unggul Dalam Perolehan Prestasi Lomba UKS, PMR, Dan Pramuka
  • Unggul dalam keterampilan dan kesenian khas pesantren
  • Unggul dalam  keilmuan keagamaan khas pesantren

Visi Pesantren

  • Melaksanakan pembelajaran dan pembiasan dalam menjalankan Ajaran Agama Islam secara utuh.
  • Melaksanakan Pembelajaran dan Pembimbingan secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
  • Menyelenggarakan Tata Kelola pesantren yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
  • Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.
  • Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah.
  • Pembinaan dan pemberdayaan Organisasi IPNU/ IPPNU/ OSPPFH sebagai wahana kaderisasi dan regenerisasi.
  • Menumbuhkembangkan kesadaran orang tua, masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan meningkatkan kualitas serta pertisipasi dalam pendidikan.

2. Tujuan Pesantren Dalam 5 Tahun Ke Depan

  • Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan Imtaq dan Iptek sehingga unggul akan prestasi serta berwawasan kebangsaan
  • Menghasilkan pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan memiliki sertifikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing
  • Menghasilkan pencapaian standar sarana prasarana sesuai dengan standar nasional pendidikan
  • Menghasilkan manajemen pengelolahan pesantren yang partisipatif dan akuntabel sesuai dengan ketentuan standar nasional pendidikan
  • Memenuhi sistem penilaian sesuai dengan standar nasional pendidikan
  • Memiliki sambungan internet dan sistem informasi dan manajemen (SIM) yang handal
  • Menghasilkan berbagai macam strategi untuk penggalangan dana melalui yayasan

3. Tujuan pesantren dalam 1 (satu) tahun ke depan

Pada akhir tahun pelajaran 2016/2017 pesantren dapat :

  1. Mewujudkan kehidupan berbudaya yang agamis dengan ditandai dengan perilaku sholeh, ikhlas, tawadhu’, kreatif dan mandiri
  2. Mengoptimalkan proses KBM dengan melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAKEM) dan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)
  3. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi santri yang diasramakan, ditunjukkan dengan kenaikan prosentase penguasaan bahasa inggris dari 25% menjadi 80%.
  4. Peningkatan kemampuan santri dalam bidang prestasi keagamaan dan seni Islami yang berjalan efektif dapat meraih juara tingkat kabupaten dan propinsi
  5. Terwujudnya lingkungan pesantren yang indah, bersih, asri, nyaman dan kondusif untuk KBM
  6. Terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antar pesantren dan masyarakat (Stake Holder)

4. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR

Tujuan Pendidikan dasar merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Secara rinci tujuan pesantren:

  1. menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan);
  2. mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
  3. mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan termasuk saran darai para masyayikh dan diputuskan oleh rapat dcwan pendidik yang dipimpin oleh pengasuh pesantren
  4. disosialisasikan kepada semua santri dan segenap pihak yang berkepentingan.

Unduh Profil PP. Fathul Hidayah selengkapnya disini