MAFH

  1.  LINGKUNGAN MADRASAH
  2. Madrasah Aliyah  Fathul Hidayah Pangean terletak di desa Pangean Kecamatan Maduran ±38 Km dari pusat ibukota Kabupaten Lamongan. Berada pada lingkungan pedesaan. Input murid yang masuk ke MA Fathul Hidayah berasal dari kecamatan dan kabupaten yang ada disekitar lokasi Madrasah dengan karakteristik murid yang heterogen baik lulusan MTs maupun SMP . Meskipun demikian in pt terebanyak adalah dari MTs fathul Hidayah sebagai lembaga yang berada di satu lokasi. Dengan jumlah sekolah menengah yang banyak itu merupakan faktor yang amat berpengaruh pada perkembangan madrasah terlebih lagi MA Fathul Hidayah berada di bawah naugan pondok pesantren Fathul Hidayah.Madrasah Aliyah Fathul Hidayah Pangean didirikan oleh Pengurus Pondok Pesantren atas usul dan dorongan tokoh masyarakat desa Pangean dalam rapat bersama pada tanggal 21 Pebruari 1997. Dan telah tercatat di Departemen Agama Propinsi Jawa Timur pada tanggal 09 Juni 1998. Selanjutnya seiring dengan perjalananwaktu MA fathul Hidayah berkembang menjadi MadrasaH Aliyah yang diperhitungkan tidak hnya di kawasan Lamongan saja yetapi sudah di tingkaat propinsi. Hal ini ditandai dengan keberhasilan menjuarai sejumlah kompetisi da kejuaraan. Selain ituu Madarasah Aliyah fathul Hidayah juga kerap kali ditunjujk untuk mewakili daerah dalam berbagai ajang baik yang melibatkan guru maupun peserta dididk.Dalam upaya mengembangkan kemampuan peserta didik dan pendidik di MA Fathul Hidayah Pangean berpegang pada azas keseimbangan antara penegetahuan keagamaan dan pengetahuan umum serta kreativitas dan disiplin, antara persaingan dan kerjasama serta antara tuntutan dan prakarsa.  Demi menjaga kualitas pendidikannya maka MA fathul Hidayah berusaha untuk selalu meningkatkan statusnya. Akhirnya pada tahun 2016 MA Fathul Hidayah resmi mendapatkan predikat status akreditasi A.
  3. 2. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
  4. 2.1. Visi MadrasahISLAMI, BERTEKNOLOGI,  BERWASAN PERGURUAN INGGI2.2. Indikator VisiIslami :
    1. Unggul Dalam Pembinaan Internalisasi Dan Pengamalan Nilai Dan Ajaran Islam ala Ahlus Sunah wal Jamaah
    2. Unggul Dalam Penguasaan keilmuan keislaman
    3. Unggul Dalam Penguasaan tradisi, seni dan budaya Islam

    Berteknologi :

    1. Unggul Dalam Pemanfaat dan Penggunaan teknologi dalam pembelajaran
    2. Unggul Dalam Penguasaan Teknologi Informasi
    3. Unggul Dalam perlengkapan dan fasilitas serta sarana dan pra sarana berteknologi.

    Berwawasan Perguruan Tinggi :

    1. Unggul dalam motivasi studi lanjut
    2. Unggul dalam akses dan informasi jalur penerimaan perguruan tinggi
    3. Unggul dalam program pengenalan lingkungan perguruan tinggi
    4. Unggul dalam pembinaan dan pendampingan studi lanjut

    2.3. Misi Madrasah

    1. Melaksanakan pembelajaran dan pembiasan dalam menjalankan Ajaran Agama Islam secarautuh.
    2. Melaksanakan Pembelajaran dan Pembimbingan secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
    3. Menyelenggarakan Tata Kelola Madrasah yang efektif, efisien, transparan, danakuntabel.
    4. Meningkatkan pengetahuandan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia
    5. Menumbuh kembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah.
    6. Pembinaan dan pemberdayaan Organisasi IPNU/ IPPNU/ OSPPFH sebagai wahana kaderisasi dan
    7. Menumbuh kembangkan kesadaran orang tua, masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan meningkatkan kualitas serta pertisipasi dalam

    2.4.Tujuan Madrasah Dalam 5 Tahun Ke Depan

    1. Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan Imtaq dan Iptek sehingga unggul akan prestasi serta berwawasan kebangsaan
    2. Menghasilkan pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan memiliki sertifikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing
    3. Menghasilkan pencapaian standar sarana prasarana sesuai dengan standar nasional pendidikan
    4. Menghasilkan manajemen pengelolahan madrasah yang partisipatif dan akuntabel sesuai dengan ketentuan standar nasional pendidikan
    5. Memenuhi sistem penilaian sesuai dengan standar nasional pendidikan
    6. Memiliki sambungan internet dan sistem informasi dan manajemen (SIM) yang handal
    7. Menghasilkan berbagai macam strategi untuk penggalangan dana melalui komite Madrasah

    2.5. Tujuan madrasah dalam 1 (satu) tahun ke depan

    Pada akhir tahun pelajaran 2016/2017 madrasah dapat :

    1. Mewujudkan kehidupan berbudaya yang agamis dengan ditandai dengan perilaku sholeh, ikhlas, tawadhu’, kreatif dan mandiri
    2. Mengoptimalkan proses KBM dengan melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAKEM) dan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)
    3. Menghasilkan pencapaian standar kelulusan rata-rata 75 untuk semua mata pelajaran termasuk mulok
    4. Peningkatan prestasi akademik dibuktikan dengan kenaikan rata-rata nilai raport
    5. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa yang diasramakan, ditunjukkan dengan kenaikan prosentase penguasaan bahasa inggris dari 25% menjadi 80%.
    6. Mengoptimalisasi layanan bimbingan dan konseling (BK)
    7. Memiliki tim karya tulis ilmiah yang berjalan efektif dan meraih juara dalam lomba tingkat kabupaten dan propinsi
    8. Peningkatan kemampuan siswa dalam olimpiade MIPA dan Bahasa yang berjalan efektif dan dapat meraih juara tingkat kabupaten dan propinsi
    9. Peningkatan kemampuan siswa dalam bidang prestasi olahraga dan seni yang berjalan efektif dapat meraih juara tingkat kabupaten dan propinsi
    10. Terwujudnya lingkungan madrasah yang indah, bersih, asri, nyaman dan kondusif untuk KBM
    11. Terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antar warga madrasah dan masyarakat (Stoke Holder)
    12. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR

    Tujuan Pendidikan dasar merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

    Secara rinci tujuan sekolah/madrasah:

    1. Menggambarkantingkatkualitas yang perludicapaidalamjangka menengah (empat tahunan);
    2. Mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
    3. Mengacu pada standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan oleh sekolah/ madrasah dan Pemerintah;
    4. Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan termasuk komitese kolah madrasah dan diputuskan oleh rapat dcwan pendidik yang dipimpin oleh kepala sckolali/ madrasah;
    5. Disosialisasikan kepada warga sekolah/ madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan.

Unduh Profil MA Fathul Hidayah selengkapnya disini